Pengetahuan

Maju terus pantang mundur raih semangat baru dengan seksama

Kamis, 30 Agustus 2012

Tentang Komputer



Artikel Tentang Komputer dan Internet

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah datamenurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computersemula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolahinformasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat danInggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Artikel Tentang Internet
Pengertian Internet itu? Internet sendiri berasal dari kata  interconnection-networking, merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

    sedangkan pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks,
    grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.

    Bertambahnya jumlah pengguna akses internet tersebut memang sangat wajar sekali, saat ini internet bukan hanya digunakan sebagai sarana komunikasi atau pun sarana mencari informasi saja, tetapi juga telah digunakan sebagai sarana untuk mencari uang. Harga tarif akses internet pun saat ini juga telah lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. dan pengguna akses internet pun bukan hanya orang yang berada di wilayah perkotaan saja, orang yang tinggal di pedesaan pun juga dapat mengakses internet.

    Sistem Operasi Komputer


    Artikel Sistem Operasi Komputer
    Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

    Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

    Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian : 
    • Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi. 
    • Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).  
    • Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.  
    • Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.  
    • Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
    Sekarang kita akan menilik sejarah dan perkembangan Sistem Operasi. 

    Menurut Tanebaum, Sistem Operasi mengalami perkembangan yang dapat dibagi ke dalam 4generasi
    • Generasi Awal
    Perkembangan awal Sistem Operasi masih dilakukan secara manual dalam artian belum muncul adanya Sistem Operasi yang secara otomatis artinya belum mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.
    • Generasi Kedua
    Di generasi ini sudah diperkenalkannya perkejaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian atau biasa disebut dengan Batch Proccessing System. 
    • Generasi Ketiga
    Pada generasi ketiga, Sistem Operasi sudah mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Proccessing System (Multi-Task). 
    • Generasi Keempat
    Di masa ini, sudah diperkenankannya GUI (Graphical User Interface) yang artinya Sistem Operasi memiliki tampilan dan dengan bermodalkan mouse, End-User dapat menjalankan aplikasi/porgram atau piranti lunak.  
    • Generasi Selanjutnya
    Pada generasi selanjutnya diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi, ini adalah contoh sebuah Sistem Operasi berbasikan Website yang berkerja di dalam sebuah Sistem Operasi. Dan generasi selanjutnya diperkenalkanlah Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti : PDA, Poket PC, dan lain sebagainya. Di generasi selanjutnya diperkenalkan juga teknologi Sistem Operasi jaringan yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi pada Perangkat yang bertugas menjadi Server. Selain itu, diperkenalkan pula Cross Platform Operating System yang artinya dapat menggabungkan 2 Sistem Operasi berbeda seperti : Linux dan Windows.

    Dewasa ini, hampir seluruh manusia memiliki PC dan Mobile PC. Dikarenakan faktor harga yang selalu berubah dan kebutuhan manusia akan perangkat otomatis seperti : PC, maka manusia menjadikan PC sebagai kebutuhan utama. Seiring dengan perkembangan teknologi PC pun dibuat ringkas agar dapat dijadikan sebagai piranti otomatisasi yang bergerak (Bisa digunakan kapan saja, di mana saja dan oleh siapa saja). Contoh PC bergerak adalah : Laptop, Notebook dan NetBook, ketiga piranti tersebut juga memiliki Sistem Operasi layaknya PC. Dan sekarang saatnya kita bahas Sistem Operasi yang ada di PC.

    Sistem Komputer


    Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen computer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.


    Perangkat computer harus bisa difungsikan secara komperehensif (kompak dan bersama-sama) dalam melaksanakan tugasnya yaitu dalam mengolah data atau informasi. Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan system computer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software, dan brainware. Ketiga elemen system computer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan yang saling mendukung untuk bekerja sama. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikannya dan mengendalikannya

    Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

    Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

    Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputerakan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

    berikut ini merupakan contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain. Di bawah ini merupakan tampilan antarmuka sistem operasi Windows 7, Linux (ubuntu), dan Mac OS X

    • Tampilan antar muka windows 7



    • Tampilan antar muka linux Ubuntu
    • Tampilan antar muka sistem operasi Mac OS X

    Keamanan Komputer


    Artikel Keamanan Komputer

    Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan (Onno W. Purba : 2000 ). Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer.

    Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi.
    Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer. Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

    Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware)

    Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen computer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan. 

    Perangkat computer harus bisa difungsikan secara komperehensif (kompak dan bersama-sama) dalam melaksanakan tugasnya yaitu dalam mengolah data atau informasi. Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan system computer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software, dan brainware. Ketiga elemen system computer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan yang saling mendukung untuk bekerja sama. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikannya dan mengendalikannya

    berdasarkan klasifikasi data yang diolahnya komputer dapat dibedakan sebagai berikut : 

    Komputer analog (Analog computer) 
    Komputer analog digunakan untuk memproses data secara terus-menerus. Keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, contohnya besaran arus listrik. Keuntungan dari komputer analog adalah dapat langsung memproses data dalam besaran fisik tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu. Dan kerugiannya adalah komputer jenis ini kecepatannya sangat lambat 

    Komputer Digital (Digital Computer)
    Komputer digital digunakan untuk memproses diskrit data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik. Keluaran dari komputer jenis ini bisa dalam bentuk angka,huruf dan grafik atau gambar. Komputer jenis ini sangat cocok untuk aplikasi bisnis. karena dapat menyimpan data, proses data lebih cepat, dan dapat melakukan perhitungan dengan logika. 

    Komputer Hybrid (Hybrid Computer)
    Komputer hybrid adalah kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital, sehingga komputer jenis ini dapat melakukan pengolahan data kualitatif dan kuantitatif. Komputer hybrid lebih cepat lagi di bandingkan komputer jenis digital.

    Ilmu Komputer



    Artikel tentang Ilmu Komputer

    Komputer digunakan oleh manusia dengan cara mempelajari ilmu yang berhubungan dengan komputer. Seiring dengan perkembangan Ilmu Komputer, dewasa ini banyak sekali peneliti yang mencoba membuat kajian dan melakukan pendefinisian terhadap Ilmu Komputer. Bagaimanapun juga,dasar Ilmu Komputer adalah matematika dan engineering(teknik). Matematika menyumbangkan metode analisa, dan engineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini.

    CSAB (Computing Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org) membuat definisi menariktentang Ilmu Komputer:
    Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan:
    1. Teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem 
    2. Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep 
    3. Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya 
    4. Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta.
    Beberapa definisi lain yang lebih abstrak adalah:

    Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang representasi pengatahuan (knowledge representation) dan implementasinya. Atau definisi lain Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang abstraksi dan bagaimana mengendalikan kekomplekan sebuah komputer.

    Peter J. Denning mendefinisikan Ilmu Komputer dalam makalahnya yang cukup terkenal tentang disiplin ilmu komputer . Makalah ini adalah laporan akhir dari proyek dan task force tentang the Core of Computer Science yang dibentuk oleh dua society ilmiah terbesar bidang komputer, yaitu ACM (http://acm.org) dan IEEE Computer Society (http://computer.org). Ia mendefinisikan bahwa :

    Ilmu Komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentrasformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.

    Dennings juga mengklasifikasi bidang  ilmu komputer yang terbagi dalam 12 subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang), yaitu :
    • Algoritma dan Struktur Data (Algorithms and Data Structures
    • Arsitektur (Architecture
    • Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering
    • Artificial Intelligence dan Robotik (Artificial Intelligence and Robotics
    • Interaksi manusia dan Komputer (Human Computer Interaction
    • Organisasi Informatika (Organizational Informatics
    • Bahasa Pemrograman (Programming Languages
    • Sistem Operasi dan Jaringan (Operating Systems and Networks) 
    • Database dan Sistim Retrieval Informasi (Database and Information Retrieval Systems
    • Grafika Komputer (Computer graphics
    • Ilmu Komputasi (Computational Sciences
    • BioInformatik (BioInformatics)
    Dennings memberi catatan khusus untuk bidang BioInformatik sebagai bidang baru yang merupakan gabungan antara Ilmu Komputer dan Biologi, dan saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Karena kecanggihan teknologi komputer terus berkembang, maka dari 12 subbidang diatas dimungkinkan terus bertambah.
    Dibanding dengan definisi CSAB diatas, Dennings menggambarkan bahwa ilmu komputer dapat direfleksikan dalam tiga hal: Teori (Theory), Abstraksi (Abstraction), dan Desain (Design)
    Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang lain. Bidang-bidang ini tidak benar-benar terpisah, sekalipun mempunyai perbedaan penting.
    1. Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data. 
    2. Rekayasa Perangkat Lunak menekankan analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat lunak menggunakan alat-alat dan cara kerja yang baru. 
    3. Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen. 
    4. Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer. 
    5. Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari keamanan sistem informasi (termasuk kriptografi).
    Persepsi Yang Salah Tentang Ilmu Komputer
    Beberapa persepsi yang kurang tepat tentang Ilmu Komputer terangkum seperti :
    Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputer. Ilmu Komputer bukanlah ilmu yang hanya mempelajari tentang komputer, seperti juga ilmu astronomi yang bukan ilmu tentang teleskop, atau ilmu biologi adalah juga bukan ilmu yang hanya mempelajari tentang mikroskop. Komputer, teleskop dan mikroskop adalah alat dari ilmu, dan bukan ilmu itu sendiri.

    Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menulis program komputer.
    Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang pengunaan aplikasi-aplikasi komputer.

    Software Komputer


    Artikel Software Komputer

    Software atau perangkat lunak adalah sekumpulan perintah yang dijalankan atau dieksekusi oleh komputer. Software berisi sekumpulan logika yang berfungsi memeritahkan komputer untuk mengoperasikan sesuatu dalam komputer.

    Software komputer menjadi bagian yang sangat penting dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan menggunakan komputer. Software office membantu kita mengerjakan pekerjaan kantor yang berhubungan dengan dokumen pengolah kata, software grafis membantu kita mengerjakan pekerjaan-pekerjaan olah gambar, ataupun software multimedia yang membantu kita mengerjakan pekerjaan olah multimedia. Saat ini sangat banyak software yang beredar di masyarakat baik yang gratis maupun berbayar. Dalam menentukan software mana yang akan kita pakai, ada baiknya membaca artikel software komputer terkait agar tidak salah memilih software komputer. Berbagai jenis software dapat kita peroleh sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya saja kita bisa mendapatkan software pengolah kata seperti Microsoft Office, Wordpad, Open Office Writer, Corel Wordprefect untuk kebutuhan menulis. Atau juga Photoshop, Coreldraw, Adobe Freehand, Adobe Ilustrator, untuk desain gambar. Juga bisa menggunakan Autocad, SAP, Autodesk Revit Architecture untuk desain rumah atau bangunan. Selain itu banyak lagi jenis software lain yang bisa kita temukan di artikel software komputer seperti software untuk memutar atau membuat file multimedia, software untuk menghitung, software pengenal wajah, dan software-software lainnya. Berdasarkan lisensi yang diberikan, software ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu : 

    1. Freeware
    Software dengan lisensi freeware ini bisa kita dapatkan dengan gratis. Biasanya pembuat software sudah membuat beberapa ketentuan terlebih dahulu untuk penggunaan software yang harus kita patuhi. 

    2. Shareware
    Software dengan lisensi shareware ini dapat kita gunakan secara gratis dalam jangka waktu tertentu. Biasanya software dengan lisensi shareware ini merupakan bagian dari promosi oleh pembuat software. 

    3. Propietary Software
    Untuk mendapatkan software jenis ini kita harus membeli atau membayar lisensi penggunaan. Biasanya software dengan lisensi ini diperuntukkan untuk kalangan professional. 

    4. Open Source
    Software dengan lisensi Open Source bisa kita dapatkan secara gratis. Selain itu kita juga bisa mengubah fasilitas-fasilitas yang ada di software tersebut sesuai dengan keinginan kita. Selain itu kita juga bisa menyebarluaskan software yang telah kita ubah tersebut dengan bebas. 

    Installasi Software
    Setelah kita membaca artikel software komputer tentang software yang kita butuhkan, kita bisa mendapatkan software tersebut sesuai dengan lisensi software. Untuk dapat menggunakan software tersebut, biasanya terlebih dahulu kita diharuskan menginstall software ke komputer. Proses installasi ini secara garis besar mempunyai kesamaan antara semua jenis software.

    Jika kita belum pernah melakukan proses installasi, tidak usah khawatir karena kita bisa mengikuti petunjuk yang ada di proses installasi tersebut. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menginstall software adalah dengan memilih software yang benar-benar kita butuhkan. Karena dengan terlalu banyak menginstall software ke dalam komputer akan menyebabkan komputer kita menjadi lambat. Hal ini disebabkan karena semakin banyak software yang kita install maka akan semakin banyak memori yang digunakan. Artikel software komputer adalah salah satu sarana untuk menambah pengetahuan tentang software komputer. Karena itu semakin banyak artikel software komputer yang kit abaca maka akan semakin banyak pula pengetahuan kita tentang software komputer .

    Jaringan Komputer



    Jaringan komputer sangat penting untuk kita pelajari karena tanpa mengenal jaringan komputer kita tidak akan bisa memahami bagaimana sebuah komputer dihubungkan dengan komputer lain.

    Pengertian Jaringan Komputer
    1. Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web) 
    2. Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Dua buah komputer misalnya dikatakan terkoneksi bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Bentuk koneksi dapat melalui: kawat tembaga, serat optik, gelombang mikro, satelit komunikasi. 
    3. Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakanhardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
    Macam-macam Jaringan Komputer

    Berdasarkan geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi 
    1. Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN),   
    2. Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan   
    3. Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN).
    Jaringan wilayah lokal merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau tempat yang berukuran sampai beberapa 1 - 10 kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi. Sedangkan Jaringan wilayah metropolitan merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 - 50 kilometer. Kabel transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik (Coaxial Cable). Jaringan wilayah luas Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua.Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.

    Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi Jaringan 

    Klien-server (Client-server) 
    Jaringan klien-server pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client). Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer peladen, komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi peladen, sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-serverprint-serverdatabase server dan sebagainya.Tentu saja konfigurasi komputer peladen biasanya lebih dari konfigurasi komputer klien baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras {harddisk), maupun kecepatan prosessornya.

    Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer)
    Jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak.

    Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas 
    1. Topologi bus 
    2. Topologi bintang 
    3. Topologi cincin 
    4. Topologi mesh 
    5. Topologi pohon 
    6. Topologi linier
    Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
    1. Jaringan terpusat
    Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.

    2. Jaringan terdistribusi
    Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

    Berdasarkan media transmisi data 
    1. Jaringan Berkabel (Wired Network)
    Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

    2. Jaringan nirkabel(Wi-Fi)
    Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

    Adobe Photoshop CS6 V 13 Extended Final Edition



    Sudah pada tau kan photoshop?,ya bagi yang mau mencoba photoshop terbaru CS6 yang sudah Final silakan mencoba,dengan beberapa fitur baru yang tentunya akan semakin membuat kegiatan design dan editing anda semakin bagus,oke check this out :




    System Requirements :

     Intel® Pentium® 4 or AMD Athlon® 64 processor
     Microsoft® Windows® XP* with Service Pack 3 or Windows 7 with Service Pack 1
     1GB of RAM
     1GB of available hard-disk space for installation; additional free space required during installation (cannot install on removable flash storage devices)
     1024x768 display (1280x800 recommended) with 16-bit color and 512MB of VRAM
     OpenGL 2.0–capable system
     DVD-ROM drive
     This software will not operate without activation. Broadband Internet connection and registration are required for software activation, validation of subscriptions, and access to online services.† Phone activation is not available.
      
     Link Download :

    Jangan Lupa cek setiap Link Sebelum Mendownload,untuk menghindari ada salah satu link yang mati


    Jumbofiles :


    Download Photoshop cs6 Via Jumbo Files


    Mediafire :


    Download Adobe Photoshop CS6 V 13 Extended Final Full Patch


    Indowebster :


    Download Via INDOWEBSTER 


    password rar : bent0811 


    credit & Thanks to Original Uploader: bent0811 @IDWS




    What's new in Photoshop Extended?


    Adobe® Photoshop® CS6 Extended software delivers even more imaging magic, new creative options, and the Adobe Mercury Graphics Engine for blazingly fast performance. Retouch with greater precision, and intuitively create 3D graphics, 2D designs, and movies using new and reimagined tools and workflows.*


    Photoshop CS6 Extended Features


    Enhance your creativity and boost your productivity. Adobe® Photoshop® CS6 Extended software delivers blazingly fast performance with the new Adobe Mercury Graphics Engine, groundbreaking new Content-Aware tools, simplified 3D artwork creation, reengineered design tools, and more.*


    Content-Aware Patch : Patch images with greater control using Content-Aware Patch, which allows you to choose the area that Content-Aware will use to create your patch.


    Mercury Graphics Engine : See near-instant results when you're editing images with key tools such as Liquify and Puppet Warp, creating 3D artwork, and working with matte paintings and other large files.*


    3D performance boost : Experience enhanced performance throughout your 3D workflows. View shadows and reflections in all editing modes, quickly render final work in Adobe RayTrace mode thanks to the Mercury Graphics Engine, and much more.*


    3D controls at your fingertips : Use a vastly simplified user interface to intuitively create and animate 3D artwork. Use in-context and on-canvas controls to manipulate cages for 3D extrusions, change the orientation of scenes and objects, edit lights, and more.*


    New and reengineered design tools : Create superior designs faster. Get consistent formatting with type styles, use vector layers to apply strokes and add gradients to vector objects, easily create custom strokes and dashed lines, quickly search layers, and more.


    New Blur Gallery : Quickly create photographic blur effects using a simple new interface with on-image controls. Create tilt-shift effects, blur everything and then sharpen one focal point, or vary the blurriness between multiple focal points. The Mercury Graphics Engine delivers immediate results.*


    All-new Crop tool : Crop images faster and with greater precision using the all-new, nondestructive Crop tool. Manipulate your images on canvas, and take advantage of the Mercury Graphics Engine to see your adjustments happen live.*


    Modern user interface : Work with a fresh, elegant interface featuring dark background options that make your images pop, and benefit from hundreds of design touches that create a smoother, more consistent editing experience.


    New reflections and draggable shadows : Quickly achieve 3D realism by adding and enhancing shadows and reflections on your ground plane. Drag a shadow to reposition the light source, and easily edit ground reflections, shadows, and other effects.*


    Intuitive video creation : Bring Photoshop image editing power to your videos. Easily enhance any clip using the full range of familiar Photoshop editing tools, and combine clips and stills with transitions, audio, and effects such as pan and zoom.


    Background Save : Keep on working even while saving the largest of Photoshop files in the background — a performance improvement that can help your productivity soar.


    Auto-recovery : Let the auto-recovery option work behind the scenes to save your edits without interrupting your progress. A copy of your work is saved every 10 minutes and recovered in the event of an unexpected shutdown.


    Easy alignment and distribution of 3D objects : Create rich 3D scenes in less time now that you can automatically align 3D objects to the vanishing point in your image and manipulate a group of 3D objects at one time using a new multiselect option.*


    Dozens of user-inspired improvements : Save time with more than 65 new creativity and productivity enhancements that originated as suggestions from Photoshop users via Facebook, Twitter, and more.


    Preset migration and sharing : Easily migrate your presets, workspaces, preferences, and settings so you can experience Photoshop in the same way on all your computers, share your setup, and bring your customizations from past versions into Photoshop CS6.


    Content-Aware Move : Move or extend a selected object to another area of your image, and then watch as Content-Aware Move magically recomposes and blends the object for a stunning visual result.


    Revolutionary erodible brushes : Draw more naturally and realistically using drawing tips that erode as you work. Endlessly wear down and sharpen a charcoal pencil or pastel to create different effects, and save favorite blunted tips as presets.


    New painting presets : Simplify painting with new presets that offer a good starting point for creating realistic painting effects.


    Scripted Patterns : Generate geometric pattern fills faster with Scripted Patterns.


    Enhanced 3D animation : Animate all 3D properties — including cameras, lights, materials, and meshes — using the Animation timeline. Final rendering performance is now much improved during export of your 3D animation.*


    Flexible render modes for shadows : Work more fluidly now that you can preview shadows in both GL and Adobe RayTrace render modes.*


    Accurate 3D object merge : Accurately merge multiple 3D objects in a single scene so they can interact with the same lighting and cameras.*


    Alternate views : Easily view your 3D artwork from multiple angles while editing.*


    3D stereo viewing and printing : Easily import common stereo formats, such as JPS and MPO, into the 3D pipeline, and make simple adjustments to set depth and range. View a stereo image on stereo monitors or TVs, or print it as a lenticular 3D image.*


    Adobe Flash 3D export : Easily export 3D artwork in Adobe Flash® 3D format for viewing in web browsers. Also export 3D artwork assets for use in Adobe Flash Builder® software (sold separately).*


    3D sketch and cartoon presets : Click once to give your 3D objects the look of sketches or cartoons, and automatically create sketch presets by creating any brush stroke.*


    Improved 3D extrusion engine : Create stunning 3D logos and artwork from any text layer, selection, path, or layer mask with the improved 3D extrusion engine, which offers faster editing, on-canvas controls, and better beveling options.*


    Type styles : Save time and ensure a consistent look with type styles, which let you apply formatting to selected characters, lines, or paragraphs of text with a single click.


    Vector layers : Use vector layers to apply strokes and even add gradients to vector objects.


    Sharper vector rendering : Get sharper rendering by clicking once to snap the edges of vector objects to pixels.


    Custom strokes and dashed lines : Easily create custom strokes and dashed lines.


    Layer search : Use layer search capabilities to quickly zero in on the layer you need.


    Lighting Effects Gallery : Get better performance and results with the new, 64-bit Lighting Effects Gallery. The plug-in is powered by the Mercury Graphics Engine and offers on-canvas controls and previews that make it easier to visualize your lighting enhancements.*


    Oil Painting filter : Quickly give your work the look of a fine painting with the Oil Painting filter powered by the Mercury Graphics Engine. Control the style of your brush as well as the direction and shine of your lighting for a superior look.


    Airbrush tips : Create realistic airbrush effects using fluid, lifelike controls and granular paint particles.


    Brush enhancements : Paint more naturally by manually changing the rotation of your paint brush with your mouse. Dynamically resize your brushes with shortcuts, and take advantage of the Mercury Graphics Engine to fluidly adjust opacity or hardness.


    10-bit deep color support : Get a more accurate representation of how your images will appear in film with 10-bit monitor support. See just the pixels you’ve captured, reduce or eliminate the need for dithering, and reduce contouring or banding.†


    Support for 3D LUTs : Retouch images for film more easily with 3D lookup tables (LUTs) — including Adobe SpeedGrade™ .Look color LUTs — that you can turn on when you need to tweak raw color data.


    OpenEXR transparency preferences : Choose whether you'd like to handle alpha channels in OpenEXR files as alpha channels or transparency.


    Properties panel : Save time with a context-sensitive Properties panel that lets you make quick updates to the properties of your masks, adjustments, and 3D content.


    Adobe Bridge CS6 : Manage your media faster — especially when working with large image files. Adobe Bridge CS6 offers cross-platform 64-bit support and a range of user interface and database enhancements.


    Redesigned Adobe Mini Bridge : Access your images and documents more quickly and easily in Adobe Mini Bridge, redesigned as an elegant filmstrip.


    New heads-up displays : Use heads-up displays to get greater precision when selecting and transforming objects and text.


    Enhanced TIFF support : Work with a larger range of TIFF files. Enhanced TIFF support allows for greater bit depths and larger file sizes.


    Automatic resampling : Get great results when resizing an image — the best resample method is automatically selected.


    Filler text : Save time with the ability to insert "Lorem ipsum" filler text when working with type.


    Increased maximum brush sizes : Edit and paint with brush sizes all the way up to 5000px.






    Selengkapnya Baca Sumber Di http://sofshare.blogspot.com/2012/04/adobe-photoshop-cs6-v-13-extended-final.html#ixzz252cbKOVF

    Corel Draw Graphics Suite X6 Full Keygen


    Pasti udah ga asing dong dengan salah satu software designer paling terkenal ini,nah yang saya share kali ini versi X6  yang merupakan versi terbaru sampai saat ini,oke bagi yang mau coba silakan download :




    Video Tour :

    Link Download (idws) :

    Download CorelDRAW Graphics Suite X6 v16 0 0 707 x86(32bit) Incl Keymaker-CORE (503MB)
    Download CorelDRAW Graphics Suite X6 v16 0 0 707 x64(64bit) Incl Keymaker-CORE (496MB)
    thanks & credit to uploader : wandia @idws

    kalau keygen bawaan ga sukses coba alternatif yang ini : 

    download keygen2